Bina Diri Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati

Ditulis oleh PRAMUKA UIN BANDUNG pada Senin, 11 Januari 2016 | 16.14

STRATA I
PERKEMAHAN PENGHAYATAN LAPANGAN

P2L (Perkemahan Penghayatan Lapangan) adalah salah satu tingkatan pendidikan yang ada di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tingkatan pendidikan ini dikenal dengan Strata I.  P2L tidak hanya sekedar pendidikan, melainkan sebagai gerbang masuk untuk menjadi anggota baru di gugus depan. Tujuan diadakannya pendidikan ini tiada lain tiada bukan untuk menumbuhkan rasa cinta anggota baru terhadap satuan dan gugus depan.

Tahun ini, P2L diadakan di Patambon Kabupaten Sumedang yang diikuti oleh 88 orang peserta dari berbagai jurusan yang ada di kampus UIN. Walaupun siang kepanasan dan malam kehujanan, tetapi semangat para capra atau “calon praja” tidak terkalahkan. Mereka begitu antusias  dan semangat mengikuti pendidikan dari pembukaan hingga penutupan.

Serangkaian kegiatan yang telah diikuti capra seperti menaksir, bakti sosial, menanam pohon, pioneering, pengisian SKU, membuat bivak dan sejumlah kegiatan lainnya guna menambah pengetahuan dan pengalaman calon anggota pramuka. Setiap angkatan tentunya memiliki keunikan, keunikan tersebut terlihat ketika capra mendirikan bivak, tali yang dipakai untuk bivak disambungkan dari satu pohon ke pohon lainnya sehingga terlihat banyak tali panjang membentang tak karuan. Bivak – bivak mulai dipasang diatas tali membentang, berjajar rapi seperti perumahan elit masa kini. Karena itulah angkatan praja sekarang dinamai dengan “Ologodor regency”.

Berakhirnya pendidikan ini, berakhirnya pula sebutan capra dan digantikan dengan sebutan praja, tapi bukan berarti berakhir pula perjuangan mereka, karena masih ada tingkatan pendidikan yang harus diselesaikan. Namun, ada yang jauh lebih penting dari sekedar menyelesaikan pendidikan yaitu menumbuhkan jiwa korsa, menumbuhkan rasa cinta terhadap gugus depan, dan  yang paling penting yaitu menjadikan pramuka UIN menjadi lebih baik sebagai gerakan pramuka yang memiliki potensi diri dan semangat tinggi.

Suksesnya sebuah pendidikan, bukan dilihat dari seberapa tinggi tingkatan pendidikan yang telah diselesaikan. Namun dilihat dari seberapa banyak ia mengimplementasikan pendidikan tersebut dalam kehidupan.



Selamat bergabung di keluarga besar
Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung

"tandang walau seorang"

"binangkit natanan rakit"
"LUMAKU SAUYUNAN"



Created By : Bidang Publikasi dan Dokumentasi P2L
 
Copyright © 2013. PRAMUKA UIN SGD BANDUNG