PROTOKOL / MC...?

Ditulis oleh PRAMUKA UIN BANDUNG pada Kamis, 21 Februari 2013 | 18.48


“Protokol…..” kita sering mendengar kata – kata itu. kita beranggapan bahwa “protokol” yang dimaksud adalah orang yang membawakan acara dalam sebuah kegiatan seperti: seminar, diskusi, talkshow dan acara lainnya. Anggapan itu masih ada dan melekat di masyarakat kita, saya sendiri juga pernah beranggapan seperti itu. Jangan samakan MC dengan Protokol, keduanya berbeda.
Perbedaan antara Protokol/protokoler, pembawa acara, MC dan announcer adalah sebagai berikut:
  1. 1.    Protokol
Menurut undang – undang Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan BAB I ketentuan umum (pasal 1). Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat. Pada Bab II Pasal 3 Pengaturan Keprotokolan bertujuan untuk:
  1. memberikan penghormatan kepada Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, perwakilan Negara asing dan/atau organisasi internasional, serta Tokoh Masyarakat Tertentu, dan/atau Tamu Negara sesuai dengan kedudukan dalam negara, pemerintahan, dan masyarakat;
  2. memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara agar berjalan tertib, rapi, lancar, dan teratur sesuai dengan ketentuan dan kebiasaan yang berlaku, baik secara nasional maupun internasional; dan
  3. menciptakan hubungan baik dalam tata pergaulan antarbangsa.
Pasal 4
(1)   Ruang lingkup pengaturan dalam Undang-Undang ini meliputi:
  1. Tata Tempat;
  2. Tata Upacara; dan
  3. Tata Penghormatan.
(2)   Pengaturan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberlakukan hanya dalam Acara Kenegaraan atau Acara Resmi bagi;
  1. Pejabat Negara;
  2. Pejabat Pemerintahan;
  3. perwakilan negara asing dan/atau organisasi internasional; dan
  4. Tokoh Masyarakat Tertentu.

  1. 2.    MC
Seiring dengan semakin meningkatnya ektivitas masyarkat dan kepeduliannya akan etiket dan tata cara, kita selalu menandai kegiatan – kegiatan penting dengan cara ceremonial. Penyelenggaraan acara yang sukses akan mempengaruhi kredibilitas penyelenggara, dan Master of Ceremony atau Pembawa acara menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan.
Menurut kang Romeltea yang ditulis di blog pribadinya MC kependekan dari Master of Ceremony. Artinya “penguasa acara”, pemandu acara, pengendali acara, pembawa acara, pengatur acara, atau pemimpin upacara. MC bertindak selaku “tuan rumah” (host) suatu acara atau kegiatan/pertunjukan. Ia berperan mengumumkan susunan acara dan memperkenalkan orang yang akan tampil mengisi acara. Ia pula yang bertanggung jawab memastikan acara berlangsung lancar dan tepat waktu, serta meriah atau khidmat dari awal hingga akhir.
Setiap acara membutuhkan pembawa acara untuk dapat menghantar acara satu demi satu dengan teratur. Dalam dunia ceremonial banyak pihak terlibat didalamnya, dan setiap orang mempunyai tugas dan tanggung jawabnya sendiri.
Jangan lupa, MC adalah “penghibur” juga. Karenanya ia harus humoris. Dengan demikian, ia akan mampu menyegarkan suasana dengan joke-joke yang menghibur hadirin.

  1. Pembawa Acara, dan
Istilah ini memang banyak dipakai, dan sesuai dengan bidang tugasnya, tetapi lebih cocok untuk acara – acara yang bersifat resmi, sangat terikat pada etika protokoler, dan tidak banyak improvisasi dalam menghantar acara. Oleh para ahli bahasa kemudian istliah ini diganti menjadi pewara (Lies aryati, 2004)

  1. Announcer
Announcer adalah penyiar – penyiar radio atau televise. Kehadiranya di media elektronik tidak dipengaruhi oleh kondisi audience atau pendengar/pemirsanya/. Penyiar hanya melaksanakan one way communication, komunikasi satu arah, meskipun dengan perkembangan teknologi memungkinkan terjadinya interaksi.
Jadi, jelas sekarang bahwa ada perbedaan – perbedaan yang signifikan antara Protokol, Pembawa Acara, Master of Cermony dan Announcer. Semoga dengan sedikit tulisan tersebut diatas dapat membuka cakrawala pengetahuan masyarakat.
Demikian sedikit tulisan ini, lain waktu kita akan kupas lebih dalam lagi mengenai MC.

Penulis,

Are_Y@
 
Copyright © 2013. PRAMUKA UIN SGD BANDUNG